3 Jenis Kalimat Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Menurut beberapa pakar bahasa inggris, jika kita ingin memiliki keahlian menulis dalam bahasa inggris yang baik, maka kita harus memahami pengertian dan jenis-jenis kalimat dalam bahasa inggris. Secara definisi kalimat merupakan rangkaian kata yang minimal terdiri dari subjek dan predikat dan memiliki arti yang lengkap.

Sebagai contoh: saya membeli buku (kalimat karena ada subjek dan predikat, juga memiliki arti yang lengkap). Saya membeli (bukan kalimat karena hanya ada subjek, dan tidak memiliki arti yang lengkap).
Apa Pengertian Grammar Dalam Bahasa Inggris
Dalam kalimat subjek merupakan topik yang sedang di bahas, dalam hal ini subjek bisa berupa orang, benda, tempat, atau keadaan. Contoh subjek I, you, he, she, we, they, it.

Sedangkan predikat merupakan suatu hal yang menerangkan subjek. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah contohnya: Ipin is a blogger. (Ipin adalah seorang blogger), he write a letter for him lover (dia menulis sebuah surat untuk kekasihnya)

Jenis-jenis kalimat dalam bahasa inggris

Dalam bahasa inggis, kalimat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan predikat, fungsi, dan bentuknya. Berikut adalah penjelasannya singkatnya.

1. Berdasarkan Predikatnya
Kalimat dalam bahasa inggris dibedakan menjadi 2 jenis berdasarkan predikatnya, yaitu kalimat verbal dan kalimat nominal.

A. kalimat nominal

Kalimat nominal adalah kalimat yang tidak menggunakan kata kerja, namun menggunakan kata bantu (am, are, is, was, atau were, it). Kata bantu ini di ikuti oleh kata sifat, kata benda, kata ganti atau kata keterangan.

Contohnya:
– I am a blogger [blogger merupakan kata benda].
-Ani is beautiful [beautiful merpakan kata sifat]

B. kalimat verbal

Kalimat verbal adalah kalimat yang memakai kata kerja (verb) untuk menerangkan subjeknya.
Contohnya: I like bakso. (I adalah sebuah subjek yang diterangkan oleh kata kerja like untuk menyatakan predikatnya “bakso”[kata benda]).

2. Berdasarkan Fungsinya
Bedasarkan fungsinya kalimat digolongkan menjadi 4 jenis. Berikut adalah keterangannya.

A. declarative adalah kalimat pernyataan, baik positif maupun negative. Berikut adalah contohnya:
– doni goes to malang every week
-he is not beautiful

B. Question adalam kalimat yang digunanakan untuk bertanya. Contohnya:
-What is your name?
-Are you a blogger?

C. imperative merupakan kalimat perintah atau larangan. Contohnya:
-Don’t leave me alone!
-Wait me!

D. exclamatory adalah kalimat yang mengungkapkan sebuah perasaan. Contohnya:
-What a beautiful girl! [sungguh gadis yang cantik]
-What a smart student! [sunggu siswa yang pintar]

3. Berdasarkan Bentuknya
Kalimat dibagi menjadi 4 jenis berdasarkan bentuknya. Berikut adalah keterangannya.

A. simple sentence merupakan kalimat sederhana yang terdiri dari satu subjek dan satu predikat. Contohnya:
– I like writing.
– he reading a book.

B. compound sentence merupakan kalimat majemuk setara. Sebuah kalimat yang terdiri dari dua atau lebih subjek dan predikat yang dihubungkan dengan kata penghubung (and, or, but). Contohnya:
I like bakso, but she like chiken mie.
Ani and novi go to market.

C. complex sentence adalah kalimat majemuk bertingkat. Kalimat ini terdiri dari dua atau lebih subjek dan predikat. Namun meski demikian kalimat ini berbeda dengan compound sentence, yang membedakannya adalah adanya main dan sub-ordinate clause.

Main clause (dependent clause) adalah klausa yang dapat berdiri sendiri karena mempunyai arti yang lengkap, dan sub-ordinate clause (independent clause) adalah klausa yang tidak memiliki arti lengkap sehingga tidak bisa berdiri sendiri.

Pada umumnya kalimat ini dibentuk dengan meletakan sub-ordinating conjunctions di awal sub-clause (as, as if, before, after, because, thought, even thought, wile, when, whenever, if, during, as soon as, as long as, since, until, unless, where, and wherever.)

Contohnya:
– After I came home, I made dinner

D. compound-complex sentence adalah kalimat yang terdiri dari 3 atau lebih subjek dan predikat. Pada umumnya kalimat jenis ini terdiri dari kata penghubung di compound sentence dan di complex sentence.

Contohnya: when I live in Bengkulu, I got up at 8 o’clock but here, I get up at 6 o’clock. (ketika di Bengkulu, saya bangun pukul 9 namun di sini, saya bangun pukul 5)

Demikian penjelasan singkat tentang jenis kalimat dalam bahasa inggris semoga dapat membatu Anda memahami jenis-jenis kalimat dalam bahasa inggris.

Ada yang kurang jelas? Atau ingin menambahkan sesuatu, silahkan tulis di komentar.